Minggu, 11 Januari 2015

tukas softskil


a.         Cerita pertentangan sosial
Negeri Maluku merupakan daerah dengan penduduk yang heterogen. Daerah Maluku merupakan daerah yang sejak lama dicari-cari oleh bangsa-bangsa Eropa karena daerah ini merupakan daerah yang kaya rempah-rempah seperti cengkih dan pala. Kedatangan bangsa Eropa menyebabkan bangsa Maluku sejak saat itu telah membangun hubungan dengan bangsa-bangsa lain yang memiliki peradaban yang berbeda. Sehingga mereka memiliki keunggulan tertentu yaitu nilai budaya cinta damai dalam bentuk pela, gandong, duan lolat (nama lambang perdamaian). Namun karena adanya kebijakan pemerintahan kolonial yang menjadikan Maluku tersegregasi baik secara politik maupun sosio keagamaan (Islam dan Kristen) menyebabkan terjadinya suatu konflik antar masyarakat Maluku (kaum Islam dan kaum Kristen). Akibat dari segresi tersebut masih berlangsung dan menguat pada masa setelah rezim Orde Baru. Sehingga baik dari elite politik maupun elite agama tidak mampu meyatukan masyarakat dan membuat konflik yang ada di Maluku menjadi konflik yang berkepanjangan.
Setelah peristiwa Reformasi yang menyebabkan terjadinya kekacauan dalam kehidupan sosial dan politik masyarakat Indonesia pada umumnya, dan negara dalam posisi lemah. Hal ini memberi kesempatan kelompok-kelompok tertentu untuk melakukan aksinya seperti yang terjadi di Maluku oleh kaum Kristen Maluku untuk melampiaskan dendamnya kepada kaum Islam Maluku selama Orde Baru yang mendapat keistimewaan oleh pemerintah.
Konflik di Maluku pada tahun 1999, menurut sebagaian orang merupakan konflik keagamaan antara Islam dan Kristen. Konflik tersebut merupakan rantai panjang dari adanya ketidakadilan dan marjinalisasi masyarakat akibat kebijakan pemerintah baik kolonial maupun republik.
Konflik di Maluku ini sangat menarik untuk dipelajari karena didalamnya terjadi berbagai hal yang menyebabkan terjadinya konflik tersebut yaitu bukan hanya karena agama, tetapi juga karena perpolitikan, birokrasi, perekonomian yang menyebabkan kecemburuan sosial dan pada perkembangannya menyeret agama sehingga menimbulkan konflik besar yang berkepanjangan. Konflik di Maluku pada tahun 1999 telah menyebabkan banyak penderitaa bagi masyarakat Maluku sendiri serta hal ini tetu juga bisa mengancam kedaualatan bangsa Indonesia apabila terjadi disintegrasi bangsa

b.          pembahasan konflik sosial
Konflik keagamaan yang terjadi di Maluku pada tahun 1999 sebenarnya bukanlah suatu peristiwa muthakir. Konflik tersebut merupakan rantai panjang dari adanya ketidakadilan dan marjinalisasi masyarakat akibat kebijakan pemerintah baik kolonial maupun republik. Pada masa pemerintahan Belanda terjadi praktik misionarisai Kristen Protestan kepada warga lokal. Hal ini merupakan upaya Belanda untuk mengurangi pengaruh Islam Ternate yang masih kuat di Maluku. Keadaan ini kemudian menjadikan Maluku menjadi tersegregasi baik secara politik maupun sosio keagamaan dimana Maluku utara yang masih berada dalam pengaruh Kerajaan Islam Ternate sedangkan Maluku selatan yang berada dalam pengaruh misionarisasi Kristen Belanda.
Selain karena agama yang menjadi sumber konflik, pada masa kolonial banyak mengangkat warga Maluku Kristen untuk menjadi birokrat maupun militer karena Belanda menganggap mereka mau bekerja sama dengan pemerintah kolonial. Mereka pun juga disekolahkan oleh pemerintah sehingga mereka menjadi kaum terdidik dibandingkan kaum Islam Maluku yang tidak mau bekerja sama dengan pemerintah karena Belanda dianggap sebagai kafir.
Kondisi keistimewaan kaum Kristen Maluku tersebut kemudian berubah ketika bangsa Indonesia telah merdeka. Kaum Kristen kemudian dicap sebagai separatis oleh pemerintah pusat karena banyak diantara mereka yang tergabung dalam RMS. Hal inilah yang kemudian menguntungkan bagi kaum Islam Maluku yang selama pemerintahan kolonial terdeskriminasi dan termarjinalkan kemudian bisa menguasai birokrasi yang dulu dikuasai oleh kaum Kristen.
Selain adanya islamisasi dalam birokrat, kaum Kristen Maluku juga mengahadapi serangan pendatang baru yaitu pedagang dari Buton, Bugis, dan Makassar yang menguasai perdagangan antar pulau di Maluku. Maka karena merasa terhimpit oleh islamisasi baik dalam birokrasi maupun ekonomi kemudian pecahlah Konflik Maluku pada tahun 1999 sebagai pelampiasan kaum Kristen Maluku terhadap kaum Islam baik kaum Islam Maluku asli maupun pendatang.

c.         Upaya dalam mencapai perdamaian konflik Maluku
Upaya yang dilakukan untuk mencapai perdamaian konflik Maluku oleh pemerintah antara lain dengan adanya Perjanjian damai Maluku di Malino (Malino II) serta dengan memanfaatkan kearifan lokal dalam negeri Maluku yaitu berupa pela dan gandong.

2.        Tokoh yang menginspirasi saya yaitu bapak joko widodo, karena beliau perduli terhadap masyarakat, dan apa adanya.

3.        Contoh teknologi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat indonesia yaitu handphone dari perkembangan handphone yang awalnya hanya hitam putih dan sekarang sudah bermunculan hp android tentunya sangat membantu karena dengan adanya hp dapat memudahkan kita dalam mengerjakan tugas dan berkomunikasi.

Contoh teknologi yang merugikan yaitu internet
mengapa?
Karena perkembangan internet yang begitu pesat itu memberikan dampak yang negatif karena di internet banyak sekali situs yang berbau porno dan hal itu mudah diakses oleh anak yang masih dibawah umur.

4.        Usaha yang dapat kami lakukan yaitu memberi pelatihan, pendekatan dan pendidikan kepada adik kita sendiri, kenapa adik kita? Karena adik kita sendiri merupakan orang terdekat dengan kita. Jenis pelatihan yaitu seperti membuat hasil kerajinan tangan dan dari kerajinan tangan tersebut akan melatih imajinasi dan kreatifitas adik kita. Dengan pendekatan kepada adik kita maka adik kita tidak merasa sungkan kepada kita sehingga kita dapat dengan mudah memberi pendidikan kepada adik kita.

5.        Lingkungan yang lebih penting menurut saya yaitu keluarga karena keluarga merupakan tempat kita mengadu baik selagi susah maupun senang.

Arti penting keluarga yaitu keluarga merupakan saudara kita keluarga yang baik akan selalu mendukung kita baik keadaan susah maupun senang
Arti penting teman yaitu teman merupakan orang terdekat kita mungkin sebagian orang lebih dekat dengan temanya ketimbang dengan keluarganya.
Arti penting kampus yaitu tempat kita meraih ilmu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar